UNTIDAR Sukses Gelar Temu Nasional Forum Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia 2023

GELARAN PENTING : Universitas Tidar sukses menggelar kegiatan penting yakni Forum Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia (Dok Humas UNTIDAR)

MAGELANG (wartamagelang.com) Universitas Tidar (UNTIDAR) sukses menjadi tuan rumah Forum Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia (FORTEI) tahun 2023. Gelaran penting ini diselenggarakan di Kota Magelang (10-12/08/2023).

Ketua FORTEI 2022-2024, Dedet Candra Riawan, mengatakan, FORTEI adalah wadah komunikasi para dosen Teknik elektro yang sudah berdiri sejak tahun 2005.

“Didirikan pertama kali di Bali pada tahun 2005 oleh 6 ketua jurusan dari 6 perguruan Tinggi di Indonesia,” katanya.

Ia menambahkan bahwa tujuan hadirnya FORTEI adalah untuk menyelaraskan pendidikan tinggi Teknik Elektro se-Indonesia melingkupi bidang pendidikan, penelitian, dan aplikasi teknologi, dan menjadi forum diskusi topik-topik nasional terkait keilmuan Teknik Elektro, menyimpulkan, memberi masukan, dan solusi kepada pemerintah serta pemangku kepentingan.

“FORTEI menjadi institusi rujukan mengenai pendidikan tinggi Teknik Elektro di Indonesia,” imbuhnya.

“Kali ini, Universitas Tidar berhasil menjadi tuan rumah Temu nasional FORTEI. Tentu ini menjadi kebanggaan kita semua, karena Perguruan Tinggi Baru seperti UNTIDAR, dipercaya menjadi tuan rumah untuk lebih dari 100 perguruan tinggi,” beber Ir. Deria Pravitasari, Ketua Jurusan Teknik Elektro UNTIDAR, sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Temu Nasional FORTEI 2023.

Deria menjelaskan, Temu Nasional kali ini diikuti 257 peserta dari 120 perguruan tinggi se-Indonesia yang memiliku jurusan/departemen Teknik Elektro.

Agenda hari pertama, diawali dengan seminar nasional yang diselenggarakan di Puri Asri Hotel, yang menghadirkan 4 narasumber yaitu Widya Adi Nugroho (Ses Dirjen EBTKE), Nur Hidayanto (Koordinator Perencanaan dan Pelaporan dalam hal ini mewakili Dirjen  Ketenagalistrikan), Yusuf Suntoro, Dewan pakar Ahli Ketenagalistrikan dari METI, Prof. Dr. Ir. Tumiran, M. Eng. (UGM), dan Prof. Dr. Suyitno, M. Sc. (UNTIDAR).

Siang harinya dilakukan pararel session di kampus Tuguran, UNTIDAR sekaligus visiting campus.

Di hari kedua diselenggarakan workshop terkait akreditasi internasional – IABEE yang diampu oleh Prof. Dr. Ir. Misri Gizan, M. Tech., IPU.

“Kami juga melakukan rembug internal membahas program kerja dan penandatanganan Kerjasama Kegiatan Publikasi Ilmiah antara Pengelola Jurnal dengan FORTEI,” imbuhnya.

Dalam sambutannya, Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Sugiyarto, mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta yang hadir.

“Saya mengapresiasi kegiatan FORTEI ini. Semoga forum selama 3 hari ke depan memperoleh hasil yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan Teknik Elektro di Indonesia, yang muaranya menciptakan generasi unggul untuk mendukung pembangunan nasional,” paparnya.

Rektor menambahkan, forum komunikasi profesi seperti FORTEI ini penting untuk saling meningkatkan kualitas tenaga pendidik Pendidikan Tinggi (ang/aha)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)