PPKM Adakan Upacara HUT ke-77 RI di Kali Bening

PPKM (Paguyuban Peduli Kali Magelang) bersama sejumlah komunitas, mapala dan lembaga lain, mengikuti upacara peringatan HUT ke-77 kemerdekaan RI di Kali Bening di Kampung Ngembik Lor, Kramat, Kota Magelang, Rabu (17/08/2022).

PPKM (Paguyuban Peduli Kali Magelang) mengadakan upacara memperingati HUT ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia di Kali Bening, Ngembik Lor Kel. Kramat Kota Magelang, rabu (17/08/2022).

Upacara yang diikuti oleh sekitar 200 orang dari berbagai komunitas seperti Granat, Garda Rescue, Sekal, anak-anak sekolah, mahasiswa pecinta alam Untidar, Akatirta dan lembaga lainnya ini diikuti dengan khidmat, sederhana dan penuh makna. Beberapa warga kampung setempat juga terlibat di acara unik ini.

“Kegiatan ini untuk memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI,” ungkap Ketua PPKM Johannes SWN.

Para peserta sangat antusias meski kaki harus terendam air sungai selama upacara berlangsung. Tak ayal acara ini menjadi perhatian masyarakat yang lewat di sekitar lokasi kegiatan.

Puncak peringatan ini ditandai dengan penghormatan kepada bendera merah putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Johannes SWN juga mengatakan jika kegiatan ini sesuai misi visi dari komunitas PPKM.

“Misi visi kami itu ingin mewujudkan sungai yang bebas sampah, membangun kesadaran warga sungai khususnya agar tidak membuang sampah dan limbah di sungai, bersama merubah cara pikir menempatkan sungai sebagai halaman depan untuk dijaga keindahannya,” imbuhnya.

Selain upacara juga diadakan beberapa lomba di sungai/Kali Bening ini seperti egrang, bakiak beregu dll.

Seorang peserta yang tidak bersedia menyebutkan namanya, mengatakan jika kegiatan ini sangat bagus untuk membangun kesadaran masyarakat agar peduli terhadap sungai.

“Momen peringatan kemerdekaan RI ini sangat tepat sekali untuk membangun kesadaran masyarakat agar peduli terhadap sungai, minimal jangan membuang sampah di sungai,” ujarnya. (Bgs)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (1)
  • comment-avatar
    Johannes 1 bulan

    Terima kasih mas πŸ™πŸΏπŸ™πŸΏπŸ™πŸΏπŸ™πŸΏπŸ™πŸΏ