475 Personel Diterjunkan dalam Operasi Ketupat Candi 2023

SIAP AMANKAN : Personel pasukan siap mengamankan Operasi Ketupat Candi 2023 di wilayah hukum Kota Magelang (Dok Prokompim Kota Magelang)

KOTA MAGELANG (wartamagelang.com) Sebanyak 475 personel gabungan siap diterjunkan dalam Operasi Ketupat Candi 2023 di wilayah hukum Kota Magelang. Operasi akan digelar selama 14 hari, mulai 18 April 2023 – 1 Mei 2023.

Wali Kota Magelang bersama Kapolres Magelang Kota dan Dandim 0705 Magelang memimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2023, Senin, (17/04/2023). Apel diikuti oleh seluruh anggota Polri, TNI, BPBD, Satpol PP, jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) PMI dan instansi terkait lainnya.

Kapolres Magelang AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia, menyampaikan pada hari Sabtu (15/04/2023) sudah ditempatkan anggota dari Kepolisian sebagai antisipasi kepadatan arus. Juga akan dilakukan pemantauan sampai tanggal 9 Mei 2023 mendatang saat arus balik walau masih stasional.

“Pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2023 dimulai besok, namun kita sudah menempati Pos sejak hari sabtu kemarin. Untuk Pos Terpadu Polres Magelang Kota berada di Terminal Tidar Magelang, kita juga menambah 2 pos pantau yang kita tempatkan pada Canguk dan Sambung,” katanya.

“Kita sudah menempati pos sejak Sabtu (15/4/2023). Kita punya 8 pos, terdiri dari Pos Terpadu di Terminal Tidar Magelang, juga menambah 2 pos pantau yang kita tempatkan di Canguk dan Sambung,” tambahnya.

Yolanda menjelaskan, penambahan dua pos pantau di Canguk dan Sambung karena dua titik itu dinilai kerap terjadi kepadatan kendaraan lalu lintas selama Hari Raya Lebaran sampai arus balik.

Sementara, Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menuturkan, persiapan operasi ini sudah sangat baik.

“Gelar pasukan ini saya lihat sudah mantab, mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar,” ucap Aziz.

Aziz berharap, seluruh komponen yang terlibat untuk menunaikan tugas dengan sabar, menjaga kekompakan dan disiplin seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Panjenengan harus sabar, mengatur dengan baik, jaga kekompakan dan kedisiplinan,” pesannya.

Secara umum persiapan Kota Magelang menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 juga sudah baik. Pihaknya telah melakukan peninjauan langsung lapangan untuk memastikan stabilitas dan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat menjelang Lebaran.

“Saya sudah meninjau beberapa tempat, di pasar, pangkalan gas, mall, untuk melihat kebutuhan stabilitas dan ketersediaan kebutuhan masyarakat. Insya Allah aman dan kondusif di Kota Magelang,” bebernya.

Usai apel, dilakukan pemusnahan barang bukti minuman keras dan knalpot tidak standar hasil dari Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) di wilayah hukum Polres Magelang Kota (coi/aha)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)