Untidar Raih Penghargaan PTN Berpredikat Informatif

RAIH PENGHARGAAN : Universitas Tidar Magelang menerima penghargaan dalam anugerah keterbukaan informasi public tahun 2021 (Dok Humas Untidar)

KOTA MAGELANG (wartamagelang.com) – Universitas Tidar (Untidar) Magelang menerima penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan predikat Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021. Penghargaan ini diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP).

Pengumuman anugerah ini dilaksanakan Selasa (26/10/2021)secara daring, dan dihadiri Wakil Presiden (Wapres) RI Prof. Dr. (HC) KH. Ma’ruf Amin.

“Saya menyampaikan apresiasi dan selamat kepada seluruh Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) Untidar atas diraihnya predikat Informatif. Ini menunjukkan upaya yang optimal dalam mewujudkan berbagai inovasi yang berkaitan dengan keterbukaan informasi publik,” kata Rektor Untidar, Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, seusai menerima penghargaan secara virtual.

Arifin menuturkan, perolehan ini tentu sangat membanggakan bagi Untidar. Pasalnya, di tahun 2020 Untidar hanya menduduki predikat Cukup Informatif. Tahun ini Untidar berhasil menduduki predikat Informatif atau naik dua tingkat sekaligus dengan langsung meloncati predikat Menuju Informatif.

Arifin mengungkapkan, Untidar terus mengembangkan berbagai inovasi dalam upaya mencapai standar pelayanan informasi publik yang ideal. Untidar, kata Arifin, juga memanfaatkan media sosial Instagram PPID untuk diseminasi informasi, dan penggunaan sistem barcoding sebagai representasi efektifitas dan efisiensi bagi masyarakat.

“Sistem ini memungkinkan meringkas alamat link yang terlalu panjang, agar langsung masuk ke alamat yang dituju hanya melalui pindai kode QR,” ucapnya.

Arifin memastikan, di masa pandemi Covid-19, PPID Untidar meminimalisir permohonan informasi secara tatap muka. Aplikasi whatsapp dan email menjadi pilihan sebagai media tanya jawab antara pemohon informasi dengan petugas.

“Setiap whatsapp dan email yang masuk, akan dijawab tak lebih dari 1 x 24 jam oleh petugas. Kesemua inovasi tersebut bermanfaat bagi publik, diantaranya komprehensifitas akses informasi bagi masyarakat, interaktif, dan menjamin publik memperoleh jawaban secara cepat,” imbuhnya.

Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Gede Narayana, menyebutkan, penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik diberikan oleh KI Pusat setiap tahun kepada Badan Publik yang menerapkan dan menjalankan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), berdasarkan monitoring dan evaluasi (monev) yang dilakukan oleh KI Pusat.

Tahun 2021 KIP melakukan monev kepada 337 Badan Publik. Hasilnya, 83 Badan Publik berpredikat Informatif, 63 Badan Publik berpredikat Menuju Informatif, 54 Badan Publik berpredikat cukup Informatif, 37 Badan Publik berpredikat Kurang Informatif dan 100 Badan Publik berpredikat Tidak Informatif. Untuk Kategori Perguruan Tinggi, 24 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berpredikat Tidak Informatif, 12 PTN berpredikat Kurang Informatif, 13 PTN berpredikat Cukup Informatif, 15 PTN berpredikat Menuju Informatif, dan 21 PTN berpredikat Informatif.

“Penganugerahan ini bukanlah suatu ajang yang dimaknai sebagai kontestasi antar Badan Publik, tetapi harus kita maknai sebagai tolak ukur impelementasi keterbukaan informasi publik di tanah air yang kata kuncinya ada pada kualifikasi, bukan peringkat dan nilai suatu Badan Publik,” ungkapnya.

Wapres K.H. Ma’ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan Penganugerahan ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Badan Publik untuk terus mengakselerasi upaya-upaya terbaik mengenai keterbukaan informasi melalui berbagi inovasi yang tiada henti.

“Pengelolaan Keterbukaan Informasi ini dilakukan dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik dan transparan. Hasil penilaian juga sebagai sarana instropeksi semua badan publik untuk menjaga dan meningkatkan kinerja pelayanan publik dan produktivitasnya, meskipun di tengah masa pandemi Covid-19,” jelasnya (ang/aha)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (1)
  • comment-avatar

    […] 2021 (Dok Humas Untidar) KOTA MAGELANG (wartamagelang.com) – Universitas Tidar (Untidar) … Read More TEKEN KESEPAKATAN : Wali Kota Magelang dr. H. Muchamad Nur Aziz dan Rektor Untidar Prof. Dr. Ir. […]