UNTIDAR Sambut 31 Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2023

MAHASISWA PERTUKARAN : Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka atau PMM tahun 2023 berfoto bersama (Dok Humas UNTIDAR)

KOTA MAGELANG (wartamagelang.com) Sebanyak 31 mahasiswa dari 16 perguruan tinggi negeri dan swasta wilayah Sumatera, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua akan melaksanakan perkuliahan di UNTIDAR selama satu semester. Perkuliahan ini untuk mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yakni kegiatan Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) tahun 2023.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama UNTIDAR Drs. Giri Atmoko, mengatakan, makna Pertukaran Mahasiswa Merdeka selain pembelajaran di universitas adalah terkait persatuan dan kesatuan di atas keberagaman Indonesia.

“Keberagaman kita sangat besar potensinya, namun kita juga perlu mengatasi perpecahan. Salah satunya dengan nasionalisme kita dan berpegang pada Pancasila. PMM adalah salah satu program andalan MBKM yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkuliah di kampus luar pulau selama satu semester,” katanya.

Koordinator pelaksana pertukaran mahasiswa Merdeka Ikhwan Taufik, menyampaikan, antusiasme peserta PMM tahun 2023 ini lebih besar daripada dua tahun sebelumnya.

“Hampir dua kali lipat antusiasme mahasiswa dari berbagai mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk kuliah di Universitas Tidar. Tentunya motivasinya macam-macam. Pertahankan motivasi yang baik-baik. Silakan kembangkan potensi yang ada juga di sini. Saya ucapkan selamat datang buat adik-adik mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia,” imbuhnya.

Mahasiswa perwakilan PMM, Johannes Parsaoran Nainggolan asal Universitas Jambi, mengaku antusiasmenya usai melaksanakan minggu pertama perkuliahan di UNTIDAR pada semester ini.

“Kami merasakan bagaimana antusias dan hangatnya para sambutan dosen dan teman-teman di kampus ini. Saya mengajak teman-teman semuanya untuk menjadikan wadah program pertukaran mahasiswa ini sebagai tempat kita untuk memperluas wawasan serta menambah ilmu pengetahuan tentang budaya di luar daerah kita masing-masing,” ungkapnya (coi/aha)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)