Fraksi PDI Perjuangan Kota dan Kabupaten Magelang Main Ketoprak

Foto: Freddy Uwek/wartamagelang.com

Gladhen pementasan ketoprak “Begawan Wilis Palwaga”,¬† Sabtu, 18 Desember 2021. Foto: Freddy Uwek/wartamagelang.com

Magelang (wartamagelang.com) – Ada yang menarik dari gladhen pementasan ketoprak dengan judul “Begawan Wilis Palwaga” yang ditayangkan secara virtual melalui channel youtube BKND Kota Magelang, pada hari Sabtu, 18 Desember 2021, mulai pukul 21:00 WIB.

Menarik dan unik dari gladhen itu karena para pemain ketoprak adalah anggota dari Fraksi PDI Perjuangan Kota dan Kabupaten Magelang, dan juga dibantu oleh Komandante Kota dan Kabupaten Magelang,

Para anggota BKND Kota Magelang juga ikut dalam pentas ketoprak tersebut, termasuk ketua umum BKND Kota Magelang, Condro Bawono, ikut berperan sebagai Klana Jayapuspita.

Ketoprak dimulai dengan setting jejer keprabon di sebuah kerajaan dengan rajanya yang bernama Prabu Lembu Mangarang, diperankan oleh Eko Susilo, anggota DPRD Jawa Tengah, yang didampingi oleh Dewi Padukawati, diperankan oleh Windarti Agustina, Mantan Wakil Wali Kota Magelang, berhadapan dengan Dewi Padukawati, diperankan oleh Nieke Corry Elza, anggota DPRD Kota Magelang, didampingi oleh Emban Babarlepiyan, diperankan oleh Eling Aneka Mala, anggota DPRD Kabupaten Magelang , dan Dewi Kilisuci, yang diperankan oleh Endrianingsih Yunita, anggota DPRD Jawa Tengah.

Prabu Lembu Mangarang gelisah karena anak putrinya Dewi Padukawati sudah mulai menginjak dewasa tetapi belum memilih pasangan hidup, padahal sudah banyak yang melamar. Ternyata Dewi Padukawati mau menikah jika dibawakan kera warna hijau dan pohon pandn yang bisa menata diri. Kemudian Prabu Lembu Mangarang menyelenggarakan sayembara tentang hal itu.

Singkat cerita ada tokoh antagonis Mandrajit yang diperankan oleh Budi Supriyanto, anggota DPRD Kabupaten Magelang, yang mencoba menghalalkan segala cara dan intrik. Tetapi akhirnya Dewi Padukawati dipersunting oleh Sinompradapa yang diperankan oleh Yusuf Sakir, anggota DPRD Kabupaten Magelang.

Ketua DPRD Kota Magelang Budi “Udik” Prayitno dalam ketoprak ini memerankan tokoh Brajanata, dan Ketua Fraksi PDIP Kabupaten Magelang Grengseng Pamuji berperan sebagai Jayengpragola. Total ada sekitar 25 anggota Fraksi dan Komandante yang ikut berperan dalam gladhen ini.

Menurut sutradara “Begawan Wilis Palwaga” Henokh Aldebaran Ngili, Gladen ini adalah sarana para kader PDI Perjuangan, utamanya fraksi dan komandante, untuk bermain dan belajar mengenal seni pertunjukan dan kebudayaan lokal.

“Banyak makna yang terkandung dalam gladhen ini, jaga kekompakan, dan yang penting adalah nguri-uri kabudayan,” kata Henokh.

Disisi lain, Eko Susilo anggota DPRD Jawa Tengah, menambahkan, “Selain ikut melestarikan seni dan budaya, fraksi PDI Perjuangan Kota dan Kabupaten Magelang, agar merasakan langsung bagaimana suka dan duka menjadi pelaku seni budaya,” pungkas Eko.

Daftar para pemain adalah:

Eko Susilo = Lembu Mangarang
Windarti Agustina = Padukawati
Eling Aneka Mala = Emban Babarlepiyan
Nieke Corry Elza = Kumudaningrat
Mia = Emban
Budi Supriyanto = Klana Mandrajit
Edy Gunawan = Mandradhenda
Condro Bawono = Klana Jayapuspita
Grengseng Pamudji =Jayengpragola
Gunawan = Jayengyudha
Heri Suyitno = Jayenglaut
Evin Septa Haryanto Kamil = Anggitseca
Atang Kustiono = Anggotseca
Awan Hernowo = Ranggatana
Gamal Arif = Ranggatani
Yusuf Sakir = Sinompradapa
Budi Prayitno = Singa Brajanata
Jumad = Andaga Wulung
dr. Triyono = Dhoyok
Achmad Kadafi = Bancak
Iwan Soeradmoko = Palet
Narisqa = Sebul

(wq)

 

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)