Parpol dan Ormas Penjaga Nilai-Nilai Demokrasi Jelang Pilkada 2024

PENJAGA DEMOKRASI : Seluruh elemen masyarakat, termasuk parpol dan ormas merupakan penjaga nilai-nilai demokrasi (Nurul Hidayah/wartamagelang.com)

KOTA MAGELANG (wartamagelang.com) Pemerintah kota (Pemkot) Magelang menggelar pembinaan dan peningkatan peran parpol dan ormas dalam mendukung suksesnya pemilihan tahun 2024, Kamis (17/10/2024). Kegiatan ini sebagai upaya mengingatkan kembali peran Partai politik (Parpol) dan organisasi kemasyarakatan (ormas) sebagai penjaga moral dan nilai-nilai demokrasi.

Demikian disampaikan Pjs Wali Kota Magelang Ahmad Aziz pada saat memberikan Pembinaan dan Peningkatan Peran Parpol dan Ormas dalam Mendukung Suksesnya Pemilihan Tahun 2024, di Pendopo Pengabdian rumjab Wali Kota Magelang, Kamis (17/10/2024).

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Kota Magelang Bustanul Arifin, Sekretaris Daerah Kota Magelang Hamzah Kholifi, Ketua Bawaslu Kota Magelang Maludin Taufiq, Kasdim Kodim 0705, perwakilan KPU Kota Magelang, PJU Polres Magelang Kota, pengurus parpol dan ormas se-Kota Magelang.

Pjs Wali Kota Magelang Ahmad Aziz menekankan, seluruh elemen masyarakat sejatinya punya peran penting menjaga suasana politik di Kota Magelang.

“Kita semua memiliki peran penting untuk menjaga agar suasana politik di Kota Magelang tetap kondusif, jauh dari potensi konflik, dan selalu mengedepankan kepentingan masyarakat di atas kepentingan golongan,” kata Aziz.

Aziz menekankan, pentingnya kolaborasi yang melibatkan parpol, ormas dan seluruh elemen masyarakat dalam menciptakan situasi yang harmonis guna menghindari potensi gesekan yang mungkin timbul selama proses pemilu.

Aziz menambahkan, gelaran Pilkada 2024 saat ini sudah memasuki tahapan kampanye. Pihaknya berharap situasi politik Kota Magelang tetap terjaga dengan baik dan masyarakatnya tidak terganggu dengan hal-hal yang merugikan masyarakat.

“Jangan sampai mengganggu pelayanan, terjadi polarisasi, terjadi fragmentasi, dan sebagainya,” tegasnya.

Kepala Kesbangpol Kota Magelang, Agus Satiyo Hariyadi mengutarakan, kegiatan ini mengusung tema “Dengan Semangat Persatuan dan Kesatuan, Kita Pertahankan Iklim Sejuk dan Kondusif Guna Mendukung Suksesnya Penyelenggaraan Pemilihan Serentak tahun 2024”. Acara diikuti oleh sekitar 100 peserta terdiri dari perwakilan Parpol, Ormas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pemuda, dan lainnya.

“Kegiatan ini bertujuan mengingatkan kita semua bahwa dalam setiap pesta demokrasi, peran persatuan dan kesatuan menjadi kunci utama,” ujar Agus.

Pertemuan tersebut, lanjut Agus, sebagai wujud pembinaan dan pendidikan politik bagi masyarakat Kota Magelang, serta sosialisasi tentang prinsip-prinsip dasar sistem demokrasi. Selain itu, wahana silaturahmi dan mempererat persatuan kesatuan menjelang Pilkada serentak 2024.

“Kami harapkan pula, dari materi-materi yang disampaikan oleh narasumber meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat dalam berpolitik dan berdemokrasi serta dalam menggunakan hak pilihnya,” tandasnya.

Adapun narasumber kegiatan tersebut antara lain dari Wakil Ketua DPRD Kota Magelang Bustanul Arifin, unsur TNI dan Polri. Selain itu juga materi dari KPU Kota Magelang dan Bawaslu Kota Magelang (mg4/mg7/had/aha)

Penulis : Nurul Hidayah, Fauziah Dwi

Editor : Hadianto

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)