10.496 Pelari dari 24 Negara Siap Turun di Borobudur Marathon 2023

NYALAKAN PERSATUAN : Event Borobudur Marathon ke-7 Tahun 2023 siap berlangsung dengan diikuti 10.496 pelari dari 24 negara yang mengusung tema nyalakan persatuan (Hadianto/wartamagelang.com)

MAGELANG (wartamagelang.com) Sebanyak 10.496 pelari dari 24 negara siap turun mengikuti Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng ke-7 Tahun 2023, Minggu (19/11/2023) di Kabupaten Magelang. Event rutin tahunan ini mengusung tema Voice of Unity, yakni nyalakan semangat persatuan.

Hadir dalam konferensi pers, Sabtu (18/11/2023) di Grand Artos Hotel Magelang, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Plt Direktur Utama Bank Jateng Irianto Harko Saputro, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo, Ketua Yayasan Borobudur Liem Chie An, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Tigor Tanjung.

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo meengatakan, pelaksanaan Borobudur Marathon tahun 2023 sangat istimewa dikarenakan race akan sama dengan tahun 2019 lalu. Selain itu, kata Budiman, banyak yang berbeda pada pelaksanaan tahun 2023 ini.

“Borobudur Marathon tahun 2023 akan diikuti 10.496 pelari dari 24 negara,” katanya.

Budiman menyebutkan, Borobudur Marathon akan terbagi dalam tiga kategori yakni 10K yang diikuti 4.159 orang, half marathon diikuti 4.646 orang, dan marathon 1.663 orang.

Budiman menuturkan, tingginya minat peserta dalam Borobudur Marathon tahun 2023 sebagai imbas konsistensi pelaksanaannya yang tidak terputus. Bahkan yang special pada tahun 2023 ini, kata Budiman, hasil Borobudur Marathon 2023 juga sebagai Babak Kualifikasi PON 2024.

Budiman Tanuredjo menjelaskan kesiapan pelaksanaan Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng yang telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder yang terlibat, seperti Dinas Perhubungan, medis setempat, pihak kepolisian, hingga masyarakat sekitar. Dengan demikian, event ini diharapkan menyajikan pengalaman terbaik bagi para pelari Borobudur Marathon.

“Tahun ini, Borobudur Marathon juga mempunyai keinginan untuk naik level dengan mencoba membuka kesempatan menuju next step verifikasi untuk mendapatkan World Athletic Label. Selain itu, kita juga sudah menyiapkan cheering yang bertebaran di sepanjang rute untuk menjadi extra boost bagi para pelari, serta kegiatan seru lainnya, baik di Race Expo hingga saat Race Day nanti di Taman Lumbini, Candi Borobudur,” tandasnya.

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan, Borobudur Marathon 2023 ini menjadi salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Magelang karena memberikan dampak positif bagi masyarakatnya.

“Dengan terlaksananya Borobudur Marathon di Magelang, harapannya Magelang semakin dikenal luas oleh turis secara lokal hingga mancanegara. Karena, tidak hanya memiliki berbagai destinasi wisata bersejarah dan unik, Magelang juga sudah memiliki infrastruktur yang semakin berkembang dan meningkat untuk menunjang seluruh kegiatan wisata olahraga, salah satunya untuk para pelari di Borobudur Marathon 2023,” ucap Nana Sudjana.

Plt Direktur Utama Bank Jateng Irianto Harko Saputro mengatakan, penyelenggaraan Borobudur Marathon 2023 yang diikuti oleh 10.000 pelari pastinya membawa dampak ekonomi yang lebih besar. Program Bank Jateng Pawone kembali hadir untuk mengembangkan dan mengoptimalisasikan UMKM Magelang.

“Bank Jateng Pawone telah mengunjungi 10 kota tempat terlaksananya Bank Jateng Friendship Run dengan membawa kuliner khas Magelang kepada para pelari. Nantinya, Bank Jateng Pawone juga dapat teman-teman pelari temukan di Race Expo dan Race Day. Selain itu, kehadiran pelari juga menghidupkan perekonomian masyarakat Kota Magelang melalui homestay, hotel, dan banyak usaha lainnya,” ujar Irianto.

Sementara, Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An juga mengamini potensi penyelenggaraan Borobudur Marathon 2023 terhadap perekonomian lokal.

“Antusiasme yang tinggi pasti dirasakan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Borobudur Marathon 2023, mulai dari warga yang mengisi rute dengan cheering, penginapan yang terisi penuh oleh pelari dari seluruh penjuru dunia, kuliner khas Magelang yang tidak habis dijelajahi, penyedia transportasi, dan usaha-usaha lain yang ada. Harapannya, Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng dapat memberikan dampak positif yang lebih lagi dari tahun sebelumnya untuk masyarakat, pelari, dan semua stakeholder yang terlibat,” imbuhnya (ang/aha)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)