UNTIDAR Jadi Tuan Rumah Rapimnas Permadani Diksi KIP Kuliah Nasional Tahun 2023

WADAH KOMUNIKASI : Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Permadani Diksi KIP-K Nasional (PDKN) menjadi wadah komunikasi mahasiswa dan alumni penerima beasiswa Bidikmisi KIP Kuliah seluruh Indonesia (Dok Humas UNTIDAR)

KOTA MAGELANG (wartamagelang.com) Universitas Tidar (UNTIDAR) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Permadani Diksi KIP-K Nasional (PDKN) tahun 2023. PDKN ini merupakan forum yang mewadahi seluruh mahasiswa dan alumni penerima beasiswa Bidikmisi KIP Kuliah seluruh Indonesia.

Ketua Pelaksana Rapimnas PDKN 2023 Adit Triyono mengatakan, tahun 2023 ini, UNTIDAR menjadi tuan rumah Permadani Diksi KIP-K Nasional (PDKN). Kegiatan kali ini dihadiri oleh BPP (Badan Pengurus Pusat) dan BPW (Badan Pengurus Wilayah), namun juga dihadiri BPC (Badan Pengurus Cabang) dan Forum-Forum Kampus. Rapimnas akan membahas berbagai hal yang bertujuan untuk menjadikan Permadani Diksi KIP-K Nasional lebih baik kedepannya.

Adit menyebut, Permadani Diksi KIP-K Nasional (PDKN) memiliki peran sebagai agen perubahan dan memiliki tujuan untuk menyatukan cita-cita bersama mahasiswa dan alumni Bidikmisi KIP Kuliah. Yakni dalam rangka mewujudkan generasi emas Indonesia dan memutus mata rantai kemiskinan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 serta Bhineka Tunggal Ika.

Paling sedikit sekali dalam setahun, Permadani Diksi KIP-K Nasional mengadakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas). Rapimnas merupakan forum tertinggi setelah Musyawarah Nasional (Munas). Forum ini dihadiri minimal oleh BPP (Badan Pengurus Pusat) dan BPW (Badan Pengurus Wilayah.

“Pada perhelatan Rapimnas 2023, Permadani Diksi KIP-K Nasional mengusung tema ‘Bersinergi Mewujudkan Pemimpin Generasi Emas’. Dengan tema tersebut Permadani Diksi KIP-K Nasional memiliki pandangan yang luas kedepan akan kontribusi mahasiswa dan alumni Bidikmisi KIP Kuliah untuk Indonesia. Sebanyak 60 peserta dari 34 Perguruan Tinggi dari berbagai daerah di Indonesia berpartisipasi dalam Rapimnas di UNTIDAR ini,” katanya.

“Dalam rangka menjadi tuan rumah Rapimnas, Himpunan Mahasiswa Bidikmisi/KIP-K UNTIDAR (Himadiktar) menyelenggarakan Pagelaran Ilmiah Nasional Tidar (PIN-Tidar) dengan dua cabang lomba yakni Lomba Esai Tingkat Nasional dan Lomba Business Plan Tingkat Nasional. Pendaftar kedua lomba ini berjumlah lebih dari 150 orang dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNTIDAR saat memberikan sambutan di acara Opening Ceremony Rapimnas menyampaikan pesan agar alumni dan mahasiswa penerima beasiswa KIP-K senantiasa mengedepankan sikap santun, disiplin, bersungguh-sungguh, berkarakter dan bisa menjadi teladan yang baik.

“Saat ini branding yang tepat untuk mahasiswa penerima beasiswa KIP-K bukanlah mahasiswa ‘kurang mampu’, melainkan mahasiswa ‘berprestasi’. Peraih hibah PKM, PPK Ormawa, P2MW, pemenang Kontes Robot dan kompetisi tingkat nasional lainnya, 70 persennya adalah mahasiswa penerima beasiswa KIP-K. Terus pertahankan prestasi yang membanggakan ini,” tegasnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Sulistyo, S.Pd. M.M.  menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Rapimnas Permadani Diksi KIP-K Nasional tahun 2023, sebagai sarana penting dalam mendorong pertumbuhan dan pembentukan pemimpin-pemimpin masa depan yang gemilang. “Tema ‘Pemimpin Generasi Emas’ sangat relevan dalam mendorong generasi muda tampil sebagai pemimpin guna merespon situasi dan tantangan yang sedang Indonesia hadapi untuk saat ini,” kata Ganjar.

Ia berpesan Pemimpin Generasi Emas harus memiliki wawasan yang luas dan mampu berpikir global. “Kita hidup dalam era yang ditandai oleh kemajuan teknologi dan komunikasi yang pesat, di mana perubahan terjadi dengan cepat dan kita harus siap menghadapinya. Oleh karena itu, jangan pernah lelah apalagi berhenti belajar. Terus kembangkan pengetahuan serta keterampilan yang relevan dengan zaman. Jadilah pemimpin yang tidak hanya fokus pada kemajuan diri sendiri, tetapi juga mampu memajukan daerah, bangsa, dan dunia,” tegasnya.

Rapat Pimpinan Nasional Permadani Diksi KIPK Nasional dan Pagelaran Ilmiah Nasional Tidar Tahun 2023 berlangsung tanggal 7-9 Juli 2023 dengan agenda yang padat. Dimulai dengan Opening Ceremony, dilanjutkan Talkshow Alumni Bidikmisi, Rapat Pleno Rapimnas, Presentasi Finalis Lomba PIN TIDAR, Field Trip ke Borobudur, Ramah Tamah dengan Walikota Magelang,  Sarasehan, dan Penutupan serta Pengumuman Juara PIN-Tidar (coi/aha)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)