Ribuan Pelari Akan Ramaikan Borobudur Marathon Tahun 2022

KONFERENSI PERS : Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chi An, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo, dan Brand Ambassador Borobudur Marathon 2022 Kelly Tandiono pada konferensi pers (Hadianto/wartamagelang.com)

MAGELANG (wartamagelang.com) Ribuan pelari dari berbagai daerah di Indonesia akan meramaikan gelaran Borobudur Marathon Tahun 2022 yang digelar pada Sabtu-Minggu (12-13/11/2022). Ajang olahraga bergengsi ini, diharapkan juga akan mampu menjadi lokomotif yang menggerakkan laju pariwisata, ekonomi lokal, serta pertukaran budaya.

Borobudur Marathon adalah ajang kompetisi lari yang diselenggarakan Harian Kompas bekerja sama dengan Yayasan Borobudur Marathon dan didukung oleh Bank Jateng dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Ada tiga kategori dalam kompetisi utama Borobudur Marathon 2022, yaitu Borobudur Marathon Elite Race dan Bank Jateng Young Talent yang dilangsungkan pada 12 November serta Bank Jateng Tilik Candi pada 13 November.

Borobudur Marathon Elite Race dengan jarak lari 42,195 kilometer hanya akan diikuti pelari elite nasional yang lolos seleksi. Tahun ini, sebanyak 37 atlet nasional yang terdiri atas 26 atlet putra dan 11 atlet putri berpartisipasi dalam ajang ini.

Bank Jateng Young Talent yang merupakan kompetisi lari dengan jarak 10 kilometer menjadi wadah bagi talenta muda berusia 15–18 tahun untuk mengukur dan mengasah kemampuan mereka. Sejumlah 30 pelari muda akan berlaga pada ajang ini. Kategori Young Talent ini adalah kategori baru yang menjadi wadah penting untuk kaderisasi atlet lari jarak jauh.

Sementara itu, Bank Jateng Tilik Candi dengan jarak 21,097 kilometer diikuti pelari umum dengan sistem ballot. Sebanyak 4.552 pelari ambil bagian dalam ajang ini.

Mengambil garis start dan finish di Taman Lumbini, kompetisi lari Borobudur Marathon 2022 menawarkan rute menantang di alam pedesaan sekitar Borobudur, yang akan memuaskan dan menghibur para peserta. Ini juga menjadi cara untuk mengenalkan para pelari lebih dekat dengan Borobudur dan sekitarnya.

Ribuan orang yang datang di Magelang dalam rangka Borobudur Marathon 2022 diyakini akan mampu membangkitkan wisata olahraga (sport tourism) di Magelang serta Jawa Tengah dan sekitarnya, seperti spirit awal digagasnya Borobudur Marathon. Tak sekadar untuk mengikuti atau menonton kompetisi lari, orang bisa datang untuk berwisata di Magelang dan menikmati budayanya.

“Penyelenggaraan Borobudur Marathon ini menjadi salah satu event yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya, karena perekonomian masyarakat dapat terdongkrak melalui banyaknya peserta yang mengikuti ajang bergengsi ini,” kata Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno.

Supriyatno melanjutkan, ajang Borobudur Marathon akan meningkatkan okupansi hotel, guest house, dan jenis penginapan lain, yang akan menambah pendapatan bisnis mereka. Pada gelaran ini, ada pula bazar produk kuliner dan kriya Magelang dari para UMKM terkurasi, yang akan menggerakkan pula perekonomian.

Semangat untuk bangkit itu juga selaras dengan tagline “Stronger to Victory” yang diusung Borobudur Marathon tahun ini. Harian Kompas sebagai penyelenggara merasa tema ini sangat relevan dengan gelombang pemulihan di berbagai bidang pasca-pandemi.

“Setelah menghadapi tantangan berat berupa pandemi Covid-19 selama dua tahun belakangan, kali ini peserta Borobudur Marathon dan masyarakat Jawa Tengah diajak bersama-sama membawa energi positif untuk menjadi lebih kuat dan menyongsong kemenangan dalam arti luas,” ungkap Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo.

Budiman menuturkan, Borobudur Marathon didesain agar dapat dinikmati semua kalangan, baik pelari maupun nonpelari, warga lokal maupun pengunjung. Untuk itu, sejumlah agenda penyerta dirancang untuk memeriahkan perhelatan ini, antara lain Pasar Harmoni, Race Expo, dan bazar buku.

Brand Ambassador Borobudur Marathon 2022 Kelly Tandiono mengingatkan pelari untuk mengasup karbohidrat yang cukup (carbo loading) sebelum berlari dan mencukupkan istirahat.

“See you at the finish line!” kata Kelly (ang/aha)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)