Pj Bupati Magelang Beri Pengarahan dan Penekanan Terhadap Ekspose RPJMD Kabupaten Magelang Tahun 2025-2029

Pj Bupati Magelang saat memberikan arahan terhadap Ekspose Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Magelang Tahun 2025-2029

Pj Bupati Magelang saat memberikan arahan terhadap Ekspose Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Magelang Tahun 2025-2029 di Grand Artos Hotel and Convention, Rabu, (31/07/2024). Foto: Humas Prokompim Kabupaten Magelang

Magelang (wartamagelang.com) – Pj Bupati Magelang, Sepyo Achanto didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi dan Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Magelang, Asfuri memberikan pengarahan dan penekanan terhadap Ekspose Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Magelang Tahun 2025-2029 di Grand Artos Hotel and Convention, Rabu, (31/07/2024).

Untuk diketahui bersama, Rancangan Teknokratik RPJMD adalah rancangan dokumen perencanaan lima tahunan yang disiapkan oleh pemerintah daerah yang sepenuhnya menggunakan pendekatan teknokratik sebelum terpilihnya kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto dalam sambutannya menyampaikan, Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD berpedoman pada Rancangan Akhir RPJPD Kabupaten Magelang Tahun 2025-2045 dengan menggunakan metode dan kerangka pikir ilmiah untuk menganalisis gambaran umum kondisi daerah,keuangan daerah, permasalahan dan isu strategis daerah, serta rekomendasi kebijakan jangka menengah daerah.

“Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Magelang Tahun 2025 – 2029 ini akan disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Magelang dan pada waktunya nanti dapat menjadi salah satu acuan bagi para calon Bupati dan Wakil Bupati dalam menyusun visi dan misi serta program prioritas unggulan dalam melakukan kampanye Pemilukada” kata Sepyo.

Calon Bupati dan Wakil Bupati dalam perumusan visi dan misi daerah dapat mengacu dan mempedomani visi pembangunan jangka panjang Kabupaten Magelang Tahun 2025-2045 yaitu Terwujudnya Kabupaten Magelang yang Maju, Sejahtera dan Berkelanjutan, serta berpedoman pada 5 misi pembangunan jangka Panjang Kabupaten Magelang Tahun 2025-2045.

Sehingga nantinya, Bupati dan Wakil Bupati terpilih harus menyusun program prioritas atau unggulan dalam RPJMD Kabupaten Magelang Tahun 2025-2029 yang mendukung pencapaian arah kebijakan dan indikator utama pembangunan daerah sebagaimana yang diamanatkan dalam RPJPD Kabupaten Magelang Tahun 2025-2045.” imbuh Sepyo.

Sepyo menjelaskan, program prioritas atau unggulan merupakan rangkaian kerja yang dikerjakan selama lima tahun sebagai upaya untuk mewujudkan rangkaian kinerja dengan memperhatikan arah kebijakan tahap pertama RPJPD Kabupaten Magelang Tahun 2025-2045 dan Rancangan Teknokratik RPJMN Tahun 2025-2029.

“RPJMN Tahun 2025-2029 menjadi tahapan pertama penjabaran RPJPN untuk mewujudkan fondasi trasformasi menuju Visi Indonesia Emas 2045, mewujudkan Indonesia sebagai “Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan” beber Sepyo

Sepyo berharap, sebagai upaya untuk mewujudkan tema pembangunan tersebut, maka pembangunan Kabupaten Magelang lima tahun kedepan akan didasarkan pada arah kebijakan dan indikasi intervensi yang tercantum dalam Rancangan Teknokratik RPJMN Tahun 2025-2029, serta didasarkan pada permasalahan dan isu strategis.

Sementara itu, Kepala Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang, M Taufik Hidayat Yahya mengatakan, visi dari RPJPD mewujudkan masyarakat yang maju, berkarakter, dan berdaya saing.

“Sasaran visi Kabupaten Magelang di tahun 2045, pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dengan indikator tingkat kemiskinan sebesar 0,00-0,53 persen,” kata Taufik dalam rilis Prokompim Kabupaten Magelang yang diterima oleh wartamagelang.com.

Lebih lanjut, Taufiq menambahkan bahwa visi RPJPD tata Kelola pemerintahan yang baik, dengan daya manusia, dengan indikator Indeks Pembangunan Manusia sebesar 84,67. Kualitas lingkungan hidup yang berkelanjutan, dengan indikator penurunan emisi GRK sebesar 741.691,687 ton CO2eq.

Untuk diketahui, acara Ekspose Rancangan Teknokratik RPJMD Kabupaten Magelang Tahun 2025-2029 dihadiri oleh beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat se- Kabupaten Magelang, Direktur RSUD Merah Putih, Muntilan, Bukit Menoreh, Candi Umbul dan Instansi vertikal lainnya serta digelar Penandatanganan Berita Acara Masukan dan Saran dari Perangkat Daerah. (wq)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)