Menpora Apresiasi Pelaksanaan Borobudur Marathon 2023

APRESIASI PELAKSANAAN : Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo memberi apresiasi pelaksanaan Borobudur Marathon 2023 kepada awak media (Hadianto/wartamagelang.com)

MAGELANG (wartamagelang.com) Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengapresiasi penyelenggaraan Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng, Minggu (19/11/2023). Tema event rutin tahunan yang memasuki tahun ketujuh di kompleks Taman Lumbini, Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ini juga dianggap mewakili kondisi saat ini.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk Kompas Group bersama Bank Jawa Tengah yang sudah menyelenggarakan Borobudur Marathon. Tidak lupa juga terima kasih kepada seluruh sponsor,” kata Menpora Dito, kepada awak media.

Menpora menuturkan, apresiasi tinggi bukan hanya Borobudur Marathon sejalan dalam pembinaan olahraga dan promosi wisata semata. Namun juga, kata Menpora, tema yang diangkat pada Borobudur Marathon edisi ketujuh ini yaitu “Voice of Unity” atau suara persatuan.

“Dan saya juga mengapresiasi dengan diangkatnya tema Voice of Unity ini. Karena saya rasa dengan suasana hari ini, baik di global maupun nasional, kita perlu adanya persatuan demi kesejahteraan yang lebih tinggi,” tandas Menpora.

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan, Borobudur Marathon 2023 ini menjadi salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Magelang karena memberikan dampak positif bagi masyarakatnya.

“Dengan terlaksananya Borobudur Marathon di Magelang, harapannya Magelang semakin dikenal luas oleh turis secara lokal hingga mancanegara. Karena, tidak hanya memiliki berbagai destinasi wisata bersejarah dan unik, Magelang juga sudah memiliki infrastruktur yang semakin berkembang dan meningkat untuk menunjang seluruh kegiatan wisata olahraga, salah satunya untuk para pelari di Borobudur Marathon 2023,” ucap Nana Sudjana.

Kategori dalam Borobudur Marathon 2023 yakni marathon sejauh 42,195 kilometer, half marathon  21,097 kilometer dan 10 kilometer. Untuk kategori marathon dilepas tepat pukul 05.00 WIB. Lalu untuk kategori half marathon dilepas pukul 05.30 WIB. Sedangkan untuk kategori 10 kilometer dilepas pukul 06.00 WIB.

Selain diikuti pelari nasional, untuk kategori marathon juga diikut 78 pelari dari 24 negara asing. Peserta Borobudur Marathon untuk kategori 10K diikuti 4.159 orang, half marathon diikuti 4.646 orang, dan marathon 1.663 orang.

Flag off dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo dan didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Plt Direktur Utama Bank Jateng Irianto Harko Saputro, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas Budiman Tanuredjo, Ketua Yayasan Borobudur Liem Chie An, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Tigor Tanjung (ang/aha)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)