Mahasiswa Fakultas Teknik Unjuk Karya di Ajang MEUFORIA TECH EXPO 2022

KARYA MAHASISWA : Mahasiswa dari Fakultas Teknik Untidar mengikuti pameran expo hasil karyanya (Dok Humas Untidar)

KOTA MAGELANG (wartamagelang.com) Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Universitas Tidar (HMM FT-UNTIDAR) menyelenggarakan MEUFORIA TECH EXPO 2022, di GKU dr. H.R. Suparsono. Ajang untuk memamerkan hasil karya teknologi para mahasiswa ini berlangsung pada Kamis (17/11/2022).

Kegiatan ini merupakan ajang unjuk karya teknologi mahasiswa Fakultas Teknik UNTIDAR dari semua jurusan, yaitu Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Teknik Elektro.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, bisa menghasilkan generasi muda yang produktif dan inovatif. Utamanya mahasiswa UNTIDAR tergerak untuk menciptakan alat-alat inovatif yang mempermudah aktivitas manusia,” kata M. Nanda Safitra, Ketua Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik.

“Melalui pameran teknologi yang kami adakan ini, semoga bisa mengedukasi para mahasiswa dan masyarakat umum, bahwa saat ini teknologi sudah berkembang sangat pesat. Semoga juga dapat memacu semangat generasi muda untuk adaptif, mengikuti perkembangan zaman dan mau kreatif menciptakan teknologi-teknologi baru” tambahnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNTIDAR, Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. menyampaikan apresiasi kepada HMM FT atas terlaksananya MEUFORIA TECH EXPO 2022.

“Saya merasa senang dan bahagia karena HMM FT mengadakan pameran teknologi, yang terkemas dengan begitu baik. Sudah seharusnya sebagai akademisi bisa menunjukkan produk sains dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” ucapnya.

Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Hamzah Kholifi, yang hadir mewakili Wali Kota Magelang, menyampaikan apresiasi dan dukungannya pada penyelenggaraan MEUFORIA TECH EXPO 2022.

“Semoga acara ini bisa menginspirasi dan memotivasi semua yang hadir dan berkunjung agar lebih melek sains dan teknologi, dan adaptif dengan perubahan yang ada di sekelilingnya,” tandasnya.

Pada kegiatan ini turut hadir Kolonel Cpl Erwin Hasugian dari Akademi Militer, Puji Lestari dari Bappeda Kabupaten Magelang dan Didin Saepudin dari Balitbang Kota Magelang.

Angga Herlambang selaku ketua pelaksana kegiatan menyampaikan target pengunjung adalah 300 orang, namun ternyata animo pengunjung melebihi ekspektasi.

“Sampai pukul 14.00 WIB, sudah lebih dari 500 orang yang hadir, rupanya banyak yang tertarik dengan karya-karya sains dan teknologi yang dipamerkan di MEUFORIA TECH EXPO 2022,” katanya.

MEUFORIA TECH EXPO 2022 diikuti oleh kurang lebih 70 karya mahasiswa Fakultas Teknik, meliputi hasil karya dari mata kuliah Mekatronika, karya Tugas Akhir mahasiswa Fakultas Teknik, karya inovasi mahasiswa Fakultas Teknik, karya peraih hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan peraih hibah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW).

Berbagai karya yang ditampilkan diantaranya Lampu Tidur Pintar, Alat Vaksinasi Semi Otomatis Pada Ayam, Triple Way Bluetooth Soundbar, Hiasan Dinding Dari Limbah Kayu Palet, Alat Penyangga/Paddock Sepeda Motor, Ferritic Stainless Stell Bracket, Smart Feeding System Berbasis Smartphone, Alat Pengaduk Nira Menggunakan Motor Listrik, Modifikasi Kipas Angin Sederhana Tanpa Baling-Baling, Tong Pengering Sampah Dengan Spinner Sederhana Manual, Mini Conveyor, Alat Pengering Tangan Otomatis Sensor Infrared Obstacle, Alat Pelipat Baju Otomatis, Light Tracking for Solar Panel, Smart Vacuum Cleaner Robot, Robot Obstacle, Ventilator Portable, dsb (coi/aha)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)