Jateng Sabet Juara 1 Provinsi Terinovatif 2020

Jateng Sabet Juara 1 Provinsi Terinovatif 2020

Nasional – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meraih peringkat pertama Provinsi Inovatif Indonesia Award dari Kemenristek/BRIN.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi Indonesia, Bambang Brodjonegoro dan diterima Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Auditorium BJ Habibie Jalan Thamrin, Jakarta, Selasa (10/11/2020).

Selain itu, terdapat lima kabupaten/kota yang mendapatkan anugerah serupa yakni Kota Surakarta, Kota Semarang, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Pati.

Ganjar menilai pemerintah pusat tak henti-hentinya memberikan stimulus agar inovasi daerah bisa berkembang.
Menurutnya, hasil riset, inovasi, dan kreasi itu berpotensi menyelesaikan persoalan di masyarakat.

“Ini bagian dari cara kita merangsang daerah-daerah bisa melakukan inovasi, kreasi, risetnya lebih banyak dan menyelesaikan persoalan daerah. Kita hanya perlu didorong, diberi kesempatan dan butuh seluruh inovasi kita dipakai dan dibeli,” ujar Ganjar.

Inovasi karya Pemprov Jateng yang mendapat perhatian yaitu sekolah virtual untuk anak putus sekolah. Pemprov tak sekadar menggelar pembelajaran daring, namun juga membuat aplikasi hingga silabus khusus.

Sekolah virtual ini diikuti anak usia pelajar yang tak mampu sekolah karena permasalahan biaya. Kini, mereka pun dapat sekolah dengan memilih sendiri waktu pembelajaran di sela-sela bekerja.

Lebih lanjut, beragam inovasi dari sumbangan masyarakat dan komunitas juga merebak di Jateng dalam beberapa tahun terakhir, mulai dari inovasi olah makanan, alat dan sistem pertanian, hingga teknologi.

Menteri Riset dan Teknologi Indonesia, Bambang Brodjonegoro menuturkan provinsi Jawa Tengah serta kabupaten dan kota di provinsi tersebut memang meraih penghargaan.

“Kebetulan semuanya dari Jawa Tengah. Pemprov Jawa Tengah, Kabupaten Wonogiri, Kota Surakarta. Banyak hasil-hasil inovasi yang dilahirkan masyarakatnya dengan mendapatkan semacam supervisi atau dukungan dari lembaga litbang yang ada di daerah provinsi tersebut,” puji Bambang kepada Pemprov Jateng. (Humas Jateng)(wq)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)