Dirut Indonesia Re: BUMN dan SP BUMN Ikut Berperan Capai Indonesia Emas 2045

IKUT BERPERAN : Direktur Utama PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re, Benny Waworuntu, memaparkan peran BUMN saat menjadi pembicara dalam Kongres III Serikat Pekerja BUMN (Dok Indonesia Re)

JAKARTA (wartamagelang.com) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mempunyai peran cukup strategis dalam memajukan perekonomian Negara. Bahkan BUMN bersama para pekerjanya yang bersatu di bawah Serikat Pekerja (SP) BUMN, memiliki peran signifikan dalam membantu pencapaian target visi Indonesia Emas 2045.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re, Benny Waworuntu, saat menjadi pembicara dalam Kongres III Serikat Pekerja BUMN, kemarin, Rabu (8/2/2023).

Benny menjelaskan, BUMN dengan nilai aset mencapai Rp9.000 triliun dan ekosistem usaha yang sangat beragam tentu memainkan peran penting dalam mewujudkan visi tersebut. Dia mencontohkan, di sektor asuransi saja, BUMN memiliki perusahaan yang bergerak di sektor asuransi jiwa, asuransi umum, dan reasuransi, serta layanan usaha berbasis syariah.

“Jadi, BUMN memainkan peranan yang sangat penting sebagai driver dan katalisator untuk ikut mendorong pencapaian target-target yang ada di Indonesia Emas 2045,” tandasnya.

Tak hanya sebagai organisasi usaha, Benny menyebut, BUMN juga didukung oleh ratusan ribu sumber daya manusia atau SDM yang kuat di bawah Serikat Pekerja (SP) BUMN yang menjadi aset atau modal utama sebagai agen perubahan di Nusantara. Para pekerja, jelas dia, bisa berkontribusi baik sebagai individu maupun pekerja dalam organisasi usaha.

Dengan begitu, BUMN bisa menjadi penggerak utama baik sebagai keseluruhan maupun masing-masing organisasi usaha di bidangnya.

“BUMN dan SP BUMN bisa memainkan peranan penting sebagai agen perubahan baik secara individu maupun organisasi dalam menjalankan peran berdasarkan core value kami, AKHLAK [amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif],” ungkapnya.

Untuk membantu perwujudan visi Indonesia Emas 2045, Benny mengungkapkan ada sejumlah tantangan yang dihadapi oleh BUMN dan SP BUMN. Pertama adalah dari sisi organisasi, sedangkan yang kedua dari sisi SDM.

Benny menjelaskan bahwa BUMN harus bisa terus mengkaji organisasi agar dapat memaksimalkan produktivitas dari karyawan dan proses bisnis. Dia memerinci saat ini ekosistem BUMN sudah mengerucut dengan 41 perusahaan inti.

Dengan kondisi itu, menurut Benny, BUMN perlu terus mengkaji apakah bentuk atau ekosistem yang sudah terbentuk itu sudah cukup efektif untuk bisa berkembang dan saling melengkapi.

“Artinya, apakah organisasi yang ada sekarang itu bisa lebih suportif untuk bisa memaksimalkan produktivitas dari karyawan dan proses bisnis? Demikian juga dengan organisasi yang ada di dalam masing-masing BUMN itu sendiri; apakah sudah cukup linier dan bisa lebih lincah dalam menyikapi perubahan yang harus dilakukan untuk bisa mencapai target yang ada di dalam Indonesia Emas 2045,” bebernya.

Benny mengingatkan, dari sisi SDM, kesiapan pekerja perlu menjadi perhatian setiap BUMN. BUMN, kata Benny, harus bisa memastikan bahwa pengembangan SDM bisa berjalan optimal.

Selain itu, Benny menegaskan bahwa setiap pekerja BUMN harus memiliki inisiatif untuk melakukan pengembangan diri baik di dalam organisasi maupun secara mandiri.

“Artinya pekerja itu tidak boleh hanya menggantungkan pengembangan dari organisasi atau tempat dia bekerja, tapi dia harus punya juga keinginan untuk mengembangkan diri untuk bisa berkontribusi secara maksimal pada organisasi BUMN tempat dia bekerja yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas dari BUMN tersebut,” paparnya.

Benny menambahkan, Indonesia Re sebagai BUMN di bidang reasuransi, terus berupaya untuk mengimplementasikan hal tersebut. Visi yang telah disepakati bersama antara Pemerintah RI, selaku pemegang saham, dan direksi serta komisaris terus dikomunikasikan dengan terperinci kepada seluruh SDM di Indonesia Re.

“Setiap individu pekerja yang ada di Indonesia Re mengetahui dan memahami target pencapaian masing-masing. Sehingga setiap orang sudah jelas targetnya apa, bagaimana dia bisa berkontribusi, yang pada akhirnya berdampak pada ​​kinerja organisasi,” pungkasnya (adv/ang/aha)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)