KPU Jadwalkan Debat Paslon Pilwalkot Magelang 2024 Berlangsung Dua Kali

DEBAT CALON : KPU Kota Magelang menjadwalkan debat Paslon Pilwalkot Magelang dilaksanakan dua kali (Ariani Putri/wartamagelang.com)

KOTA MAGELANG (wartamagelang.com) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang memastikan debat palson Pilwalkot Magelang tahun 2024 dilaksanakan dua kali. Yakni debat pertama pada 29 Oktober dan debat kedua di bulan November 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang, Misbachul Munir, mengungkapkan rencana pelaksanaan debat calon walikota yang akan diadakan dua kali. Debat pertama dijadwalkan pada 29 Oktober 2024 di Atria Hotel Magelang. Sedangkan debat kedua pada bulan November 2024.

“Dalam aturan debat maksimal tiga kali. Cuma kita harus tetap koordinasi dengan calon, dan kami sudah berkoordinasi dua kali debat. Dengan durasi kampanye sekarang dua bulan bagi teman-teman calon, debat dua kali lebih efektif dengan dikombinasi metode kampanye yang lain karena debat juga memerlukan persiapan yang lama. Untuk yang kedua insyaallah ditengah bulan November,” tuturnya saat ditemui pada Rabu (16/10/2024).

Munir mengingatkan, kedua Paslon dalam debat harus tetap menjaga konduktifitas diruangan debat. Menurutnya, dalam debat tidak ada kampanye hitam atau black campaign, tidak mengandung unsur sara dalam menyampaikan gagasan, tidak menyerang secara personal tapi lebih ke visi misi program. Teknis debat nantinya akan menggunakan pengundian nomor.

Misbachul Munir mengungkapkan, visi misi kedua paslon mengambil  referensi  dari visi misi RPJP Daerah sehingga tema debat nantinya adalah seputar visi RPJP Daerah 2025-2045. Debat yang ke dua masih seputar RPJP Daerah namun dengan subtema yang berbeda.

KPU mengajak seluruh masyarakat kota Magelang untuk mengajukan isu untuk debat calon walikota dan wakil walikota 2024. Pengajuan isu berbentuk narasi yang dapat dikirim lewat Email tekmaskotamagelang@gmail.com.

“KPU membuka masyarakat untuk mengajukan isu debat namun tidak lepas dari RPJP 2025-2045 tadi, nanti mengambil soal dari situ dan dan mengambil tema dari situ, ini tidak untuk personal masing-masing calon tapi 2 pasangan calon jadi objektif. Harus menyertakan KTP secara jelas siapa yang mengajukan, ” ucap Munir.

Munir menerangkan, acara debat nantinya yang dapat hadir secara langsung di tempat pelaksanaan sangat terbatas dan menyesuaikan kapasitas ruangan. Untuk menentukan jumlah yang hadir dan mempersiapkan kelancaran debat, menurut Munir, pihaknya akan segera mengadakan rapat dengan TNI, Polri, Dishub, Satpol PP. Masyarakat dapat memantau jalannya debat melalui  You Tube KPU Kota Magelang dan akan disiarkan di TVRI.

“Walaupun ini merupakan debat publik, artinya disiapkan dan dapat dikonsumsi oleh publik, tapi yang bisa datang hadir secara langsung orang terbatas. Yang bisa masuk kedalam ruangan adalah tamu undangan, tim kampanye ke dua paslon juga terbatas yang kita kasih Ide Card,” tandasnya.

“Harapan kita, kita menginformasikan sesuai visi misi mereka dan ada pendalaman visi misi pasangan calon, harapannya kita mengadakan debat itu agar dapat dilihat oleh masyarakat luas khususnya Kota Magelang, agar menambah referensi bagi para pemilih untuk menentukan pilihan,” tambahnya.

Munir menyebutkan, sebelum pelaksanaan debat pada 29 Oktober 2024, KPU mengadakan dua kegiatan yaitu KPU Goes To Pasar dan KPU Goes To Campus. Acara ini merupakan sosialisasi dan pendidikan pemilih. KPU Goes To Pasar sudah dilaksanakan di pasar Rejowinangun dan Kebon Polo (16/10/2024). KPU Goes To Campus akan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2024 di Universitas Tidar. Agenda yang dilakukan adalah “Nonton bareng” film tentang Pilkada (mg2/mg4/had/aha)

Penulis : Ariani Putri, Nurul Hidayah

Editor : Hadianto

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)