Rakor Pembina Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang Tahun 2023

BUKA RAKOR : Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin membuka Rapat Koordinasi Pembina Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang Tahun 2023 (Dok Prokompim Kab Magelang)

MAGELANG (wartamagelang.com) Tujuan gerakan PKK menjadikan keluarga yang berdaya dan sejahtera dalam meningkatkan kualitas dan taraf hidupnya. Untuk itu, PKK membutuhkan sinergitas dan kerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkannya.

Hal itu disampaikan Bupati Magelang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto saat membuka Rakor Pembina Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang Tahun 2023, Kamis (25/5/2023), di Aula Kantor PKK Kabupaten Magelang,

Hadir Plt Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) M. Taufiq Hidayat Yahya dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin.

Adi menyampaikan, Gerakan PKK merupakan satu gerakan sosial kemasyarakatan yang memiliki potensi luar biasa dalam mendukung pelaksanaan pembangunan, dengan kekuatan kelembagaan yang terstruktur dari Tingkat Pusat sampai Tingkat desa. Selain itu juga didukung kader-kader militan yang bekerja dengan penuh dedikasi, menjadikan Gerakan PKK sebagai mitra strategis Pemerintah hingga mendapat apresiasi serta fasilitasi pelaksanaan program dan kegiatan.

Keberadaan PKK sebagai bagian elemen bangsa sekaligus mitra pemerintah dalam mendukung pelaksanaan pembangunan bangsa serta berkontribusi besar dalam pemberdayaan masyarakat khususnya keluarga.

“Sangatlah wajar jika PKK diberikan dukungan dan fasilitasi oleh Pemerintah maupun para pemangku kepentingan lainnya sesuai Peraturan Presiden nomor 99 tahun 2017 tentang gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK),” kata Adi.

Adi mengucapkan terima kasih kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang yang selama ini telah membantu program-program pemerintah diantaranya, berperan dalam kegiatan Vaksinasi Covid-19 dikala pandemi, pencegahan penurunan stunting, penurunan angka kemiskinan ekstrim serta pengembangan UMKM di Kabupaten Magelang, sehingga manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat.

Adi menekankan, tujuan gerakan PKK, salah satunya menjadikan keluarga yang berdaya dan sejahtera, yaitu keluarga yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidupnya, baik dari aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sosial-budaya, sehingga dalam mewujudkannya, PKK membutuhkan sinergitas dan kerja sama dengan berbagai pihak.

“Salah satu issue penting saat ini masih adanya anak tidak mengenyam pendidikan formal maupun non formal maupun anak putus sekolah, inilah PR besar kita saat ini” tandasnya.

Ia berharap PKK bisa berkolaborasi dengan OPD terkait dalam upaya mencari jalan keluar permasalahan yang bisa mengarah kepada 4 pokok prioritas PKK, yaitu ketahanan ekonomi masyarakat, revolusi mental, kemudian pelestarian lingkungan hidup dan penguatan pelayanan dasar, seperti kesehatan, pendidikan sosial dan budaya.

Adi meminta agar program dan kegiatan yang dilakukan oleh PKK mendapat dukungan kemitraan dari para OPD, melalui program kerja para OPD yang mendukung langsung keberhasilan program-program dan kegiatan PKK.

Sementara, Plt Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) M. Taufiq Hidayat Yahya menyampaikan, pelaksanaan kegiatan ini mempunyai arti penting dan sangat strategis dalam upaya mengoptimalkan sinergitas kebijakan dan program Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang.

“Maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini yaitu mengoptimalkan sinergitas antara program kerja OPD dan program kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, mempertajam jejaring kerja PKK sebagai mitra kerja pemerintah” imbuhnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah yang strategis sebagai upaya mengoptimalisasi 10 program pokok PKK untuk mendukung program prioritas dan program unggulan Pemerintah Kabupaten Magelang.

Untuk diketahui, Kegiatan ini diikuti sebanyak 60 orang, yang terdiri dari Kepala OPD, anggota pembina Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, pihak ketiga mitra Tim Penggerak PKK, Pengurus, dan petugas pelaksana.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin menyampaikan, ini adalah Rapat Koordinasi yang terakhir di periode Tahun 2019-2024 dimana waktu tak terasa berjalan sudah hampir 10 tahun.

“Mudah-mudahan fundamental sekaligus monumental yang sudah kita tanamkan bersama ini bisa bermanfaat untuk keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Magelang” ungkap Christanti.

Ia menjelaskan bahwa disisa waktu yang ada ini capaian atau target PKK juga semakin baik dan semakin optimal dalam perjalanan waktu ini. Program-program ini nanti bisa berjalan dengan maksimal dan optimal dengan sinergitas dan kemitraan yang baik dengan OPD

“Kami tidak mungkin bisa berjalan tanpa dukungan pihak-pihak terkait,” ungkapnya.

Ia berharap kedepannya PKK Kabupaten Magelang bisa lebih kondusif dan atmosfer yang sudah terjalin dari sisi program, administratif, prestasi, sumberdaya manusia, kader-kadernya baik tingkat Kabupaten, Kecamatan, maupun tingkat desa bisa terus terjaga, bahwa PKK ini mitra Pemerintah yang sangat strategis serta bisa memberikan dukungan dalam proses pembangunan di Kabupaten Magelang (ang/aha)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)