Kabupaten Magelang Kembali Catatkan Rekor, Sehari Ada 576 Kasus Konfirmasi Baru

MAGELANG (wartamagelang.com) Kabupaten Magelang kembali mencatatkan penambahan kasus terkonfirmasi covid-19 terbanyak pada Rabu (07/07/2021). Tercatat, ada 576 kasus terkonfirmasi baru, dan lima diantaranya meninggal dunia.

Kasus terbanyak ada di Kecamatan Mertoyudan yakni mencapai 104 orang. Kemudian Tempuran 46 orang, Srumbung 44, Muntilan 43, Secang 42, Borobudur 41 dan Mungkid 40 orang. Kemudian ada 31 orang dari Bandongan, 27 dari Dukun, 26 orang dari Salam, Tegalrejo 26, dan Ngluwar 26. Lalu 24 orang dari Kajoran, Sawangan 22, Grabag 12, dan Windusari 10. Kemudian Ngablak tujuh orang, dan Kaliangkrik lima orang.

“Hari ini juga ada tambahan tiga alih status meninggal terkonfirmasi, dari Mungkid, Kaliangkrik dan Secang. Selain itu juga ada tambahan lima meninggal baru, dari Borobudur, Kajoran, Tegalrejo, Ngluwar dan Secang. Dengan tambahan ini, jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi meninggal ada 472 orang,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Nanda mengklaim, penambahan sebanyak ini, merupakan bagian dari keberhasilan dari tracking dan testing yang dilakukan Pemkab Magelang, melalui Dinas Kesehatan dan Satgas Penanganan Covid-19. Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat agar jangan resah dan panik namun tetap waspada, selalu hati-hati dan taati protokol kesehatan dengan sangat ketat.

“Penambahan sebanyak ini, merupakan bagian dari pengendalian Covid-19, sesuai Intruksi Mendagri, Gubernur dan Bupati Magelang. Dimana setiap hari, kami ditargetkan melakukan 2.793 testing hingga tanggal 20 Juli mendatang. Penambahan sebanyak ini, justru baik karena dapat ditemukannya kasus positif sehingga segera dilakukan penanganan sehingga covid dapat dikendalikan,” tandasnya.

Nanda menyebutkan, hari ini ada tambahan 159 pasien terkonfirmasi sembuh. Terbanyak dari Kecamatan Mungkid 48 orang. Kemudian Tegalrejo 26, Mertoyudan 22, Borobudur 19, Tempuran 10, Srumbung sembilan dan Sawangan lima orang.

“Selain itu, juga ada empat orang dari Ngluwar dan tiga orang dari Bandongan serta Salam. Ada dua orang juga dari Kajoran, Salaman, Grabag, Secang dan satu dari Windusari, serta Candimulyo,” jelasnya.

Dengan tambahan ini, Nanda menyebutkan, jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi di Kabupaten Magelang mencapai 15.212 orang. Terdiri dari 2.264 dalam penyembuhan, yakni 102 dirawat disejumlah rumah sakit dan 2.162 isolasi mandiri. Kemudian 12.476 sembuh dan 472 meninggal.

“Dengan semakin banyaknya pasien terkonfirmasi, kami minta semua pihak untuk menegakkan protokol kesehatan dimanapun berada. Jangan lengah dan bepergian jika tidak penting. Tetap dirumah, pakai masker, jaga jarak dan sering cuci tangan pakai sabun,” pintanya.

Sementara untuk pasien suspek, hari ini ada tambahan 18 pasien baru. Namun ada tambahan 8 sembuh dan satu alih status terkonfirmasi, dari Kecamatan Srumbung. Kemudian ada tambahan juga, yakni satu alih status terkonfirmasi meninggal, dari Borobudur.

“Kini jumlah kumulatifnya menjadi 2341 pasien. Rinciannya, 116 dirawat, 1872 sembuh, 72 isolasi mandiri dan 281 selesai menjalani isolasi mandiri,” tukasnya (ang/aha)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)