Ngrajek Night Carnival: Menyatukan Komunitas Dengan Tema Nyawiji ing Seni Tradisi

Foto: Lukluk Shafwatu Niswa/wartamagelang.com

Salah satu peserta Ngrajek Night Carnival, Rabu (9/10/2024) malam, Foto: Lukluk Shafwatu Niswa/wartamagelang.com

MAGELANG (wartamagelang.com) –  Ngrajek Night Carnival diselenggarakan pada hari kedua Ngrajek Fair Rabu (9/10/2024), kegiatan berlangsung dari Lapangan Santan Pabelan berjalan hingga Desa Ngrajek.

Tahun ini Ngrajek Night Carnival mengangkat tema Nyawiji ing Seni Tradisi. Berbagai replika binatang, ogoh-ogoh, dan gunungan pun turut disuguhkan oleh para peserta karnaval.

Karnaval ini merupakan bagian dari acara Ngrajek Fair dalam rangka memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara ini biasanya diselenggarakan 6 tahun sekali, akan tetapi baru bisa diselenggarakan sekarang karena pada tahun 2020 terkendala oleh pandemi covid-19, sedang Ngrajek Fair terakhir berlangsung pada tahun 2016.

Peserta karnaval berasal dari warga masyarakat Ngrajek mulai dari ibu-ibu, pemuda, komunitas-komunitas, dan masih banyak lagi.

Acara dibuka dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Iwan selalu Kepala Desa Ngrajek sekaligus Ketua Panitia Ngrajek Fair. Dan diteruskan dengan sambutan oleh Bapak Camat Mungkid Syiha Bidin Ashodiqi S. Sos.

Pak Syiha Bidin menyatakan bahwa beliau bangga terhadap Bapak Kades Ngrajek dan seluruh panitia sekaligus masyarakat Ngrajek.

“Semoga dengan adanya peringatan maulid nabi, kita bisa mendapatkan syafaat nya di hari akhir nanti, dan dengan adanya Ngrajek Fair semoga desa Ngrajek dan sekitarnya menjadi desa yang lebih jaya, aman, dan lebih tentram,” kata Syiha.

Sementara Pak Makmun sebagai salah satu panitia sekaligus peserta Ngrajek Fair mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan untuk acara ini sudah dilakukan sejak dua bulan yang lalu. Mulai dari anak-anak, pemuda-pemudi, bahkan ibu-ibu pun ikut mempersiapkan acara Ngrajek Fair.

Karnaval ini dimulai dengan rute start dari Lapangan Santan Pabelan, menuju ke arah Jl. Mayor Kusen kemudian memasuki desa Ngrajek dan berakhir di Kampung Ulam. Para peserta berpartisipasi mempersembahkan penampilannya selama kurang lebih tiga menit di depan panggung kehormatan yang terletak di depan Kampung Ulam, Ngrajek.

Beberapa tim yang menjadi peserta Ngrajek Night Carnival yaitu Pondok Pesantren Al-Muttaqin, Tim Ngrajek 3, Dumbo Jaya, Mushola Nurul Iman, Sumber Ikan Athalla Fish, dan masih banyak lagi. (mg5/wq)

Penulis: Lukluk Shafwatu Niswa

Editor: Freddy Sudiono Uwek

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)