Lomba Lukis Tingkat SMP dan Umum Menutup Event Museum Sudirman 2024

suasana lomba melukis tingkat SMP pada Event Museum Sudirman, Jumat(04/10/2024)

Suasana lomba melukis tingkat SMP pada Event Museum Sudirman, Jumat (04/10/2024), Foto: Nurul Hidayah/wartamagelang.com

KOTA MAGELANG (wartamagelang.com) – Dalam rangka menjadikan museum sebagai edukasi sejarah, Disdikbud Kota Magelang pada Event Museum Sudirman menyelenggarakan Lomba Lukis Sudirman tingkat SMP/MTs sederajat se-Kota Magelang, putra dan putri maupun umum. Lomba ini diselenggarakan pada Jumat (4/10/2024) dimulai dari pukul 08.00 – 14.00 WIB di tiga tempat yaitu di Taman Ahmad Yani, Taman Badaan, dan Museum Sudirman.

Ardanim sala satu panitia kegiatan ini mengatakan bahwa untuk lomba tingkat SMP/MTs sederajat, Disdikbud Kota Magelang mengundang semua sekolah negeri dan swasta se-Kota Magelang. Sedangkan untuk kategori umum terdapat kuota peserta sebanyak 70 orang, dan semua peserta lomba melukis dengan tema “Jendral Sudirman”.

“Untuk yang kategori umum pesertanya dari beberapa kota, ada yang dari Kabupaten Magelang, Kota Magelang sendiri, Pekalongan, Brebes, Malang, dan Jakarta,” Kata Ardani.

Fasilitas yang disediakan oleh penyelenggara berupa kanvas, sedangkan untuk alat peserta membawa sendiri. Pada lomba kali ini pihak penyelenggara mendatangkan juri yang berasal dari komunitas lokal. Ada tiga juri yang berpartisipasi dalam penilaian lomba ini yaitu Wahudi, Untung Nugroho, dan H. Kholil Habiballoh atau biasa dipanggil Kaji Habeb.

Dalam perlombaan ini diambil juara satu sampai tiga untuk kategori SMP/MTS putra dan putri. Sedangkan umum diambil juara satu sampai tiga dan lima lukisan terpilih.

Pemenang lomba melukis Sudirman kategori pelajar putra Rizki Adi Birawa dari SMP N 9 Magelang, Faeyza Raffasya A. N. dari SMP N 1 Magelang, dan Pio dari SMP BTH Magelang. Sedangkan kategori putri yaitu Nadia B. H. dari SMP Tarakanita, Twin Azaria Rahmalin dari SMP N 2 Kota Magelang, dan Azza Khaira A dari SMP N 9 Kota Magelang.

Untuk kategori umum pemenang diraih oleh Ahmad Soleh dari Pekalongan, R. Daniel Tommy H. dari Yogyakarta, dan Riyanto Ari dari Bumi Ayu. Untuk lima lukisan terpilih yaitu diraih oleh Iwan Basuki dari Temanggung, Aan Gunawan dari Yogyakarta, MRDK dari Magelang, Subski Smart dari Magelang, dan Selamet Untung dari Tegal.

Penghargaan yang diberikan kategori pelajar berupa trofi, piagam, uang pembinaan 1,5 Juta Rupiah, 1 Juta, dan 500 Ribu. Sedangkan kategori umum mendapatkan trofi, piagam, dan uang pembinaan sebesar 3 Juta rupiah, 2 Juta, dan 1 Juta,

Khusus untuk lima lukisan terpilih mendapatkan tambahan hadiah 600 Ribu Rupiah. (mg4/mg5/mg6/mg7/wq)

Penulis:

Lukluk Shafwatu Niswa

Nurul Hidayah

Fauziah Dwi Febriyanti

Muhammad Rizki Adhi

Editor: Freddy Sudiono Uwek

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)