Pergelaran Wayang Kulit Meriahkan Peringatan Ke-77 HUT TNI Kodim 0705/Magelang

SERAHKAN WAYANG : Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto dan Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi saat menyerahkan tokoh wayang kepada dalang Serma Sukardi Hadi Suwito dan Sih Agung Prasetyo (Dok Prokompim Kab Magelang)

MAGELANG (wartamagelang.com) Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 TNI, Kodim 0705/Magelang, menggelar pergelaran seni wayang kulit dengan dalang Serma Sukardi Hadi Suwito dan Sih Agung Prasetyo dengan lakon Wahyu Ponco Manunggal. Pergelaran wayang kulit ini diselenggarakan di halaman samping Makoramil 07/Ngablak Dim 0705/Magelang, Minggu (10/10/2022).

Bupati Magelang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun TNI ke-77 kepada jajaran TNI khususnya Kodim 0705/Magelang.

Ia menyambut baik pergelaran seni wayang kulit pada kesempatan Peringatan HUT TNI ke-77 ini. Ia menilai pergelaran wayang kulit menjadi sebuah wujud kepedulian dari Jajaran TNI dalam turut nguri-uri seni budaya warisan leluhur agar tetap lestari, sehingga generasi-generasi penerus bangsa nantinya tetap mengenal dan memahami ajaran adiluhung dari warisan budaya leluhur ini.

“Kita juga mesti merasa bangga karena Kesenian Wayang Kulit sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli milik Bangsa Indonesia,” kata, Adi.

Adi menuturkan, perlu diketahui bahwa wayang bukan hanya sekadar sebuah kesenian atau pertunjukan, namun lebih dari itu Wayang Kulit merupakan media refleksi yang menggambarkan kisah nyata masyarakat yang penuh dengan kearifan yang ada di tengah-tengah kehidupan dunia ini.

Oleh karena itu, melalui pergelaran wayang kulit dengan Dalang Ki Serma Sukardi Hadi Suwito dan Ki Sih Agung Prasetyo dalam rangka Peringatan HUT TNI Ke-77 Ia mengajak agar apa yang menjadi pesan kebajikan dari lakon ini nantinya bisa teraktualisasi dan terinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah kebinekaan.

“Apalagi pergelaran wayang kulit ini dimainkan oleh dua dalang sekaligus, satu dalang dari warga masyarakat dan satunya lagi dari salah satu anggota TNI. Tentunya ini akan sangat menarik dan unik untuk disaksikan,” ungkap, Adi.

Sementara, Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Rohmadi menyampaikan terimakasih kepada Bupati Magelang beserta jajaran atas dukungan bisa terselenggaranya pergelaran seni wayang kulit ini.

“Sekaligus kami juga mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat Ngablak yang telah bahu membahu mendukung rangkaian acara dalam rangka peringatan Ke-77 HUT TNI. Ini suatu bukti dan sesuai dengan tema TNI adalah kita, jadi TNI ini ya adalah kita,” ucap, Letkol Arm Rohmadi.

Ia berharap agar jalinan kerja sama antara TNI dengan Pemerintah dan masyarakat yang selama ini sudah berjalan dengan baik bisa terus ditingkatkan agar kondusifitas di wilayah Kabupaten Magelang dapat terus tercipta (ang/aha)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)