111,2 Ton Beras Dibagikan Kepada 11.124 Warga Kota Magelang

SERAHKAN BANTUAN : Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz, Senin (19/7/2021), menyalurkan bantuan kepada perwakilan warga di Pendopo Pengabdian Kota Magelang (Dok Prokompim Kota Magelang)

KOTA MAGELANG (wartamagelang.com) Sebanyak 111.240 kilogram atau 111,2 ton beras bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial dibagikan kepada 11.124 Warga Kota Magelang. Penyaluran ini bertujuan meringankan beban warga akibat tekanan ekonomi di tengah pandemic, serta masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Bansos dari Kementerian Sosial (Kemensos) itu secara simbolis disalurkan oleh Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz, Senin (19/7/2021), kepada perwakilan warga di Pendopo Pengabdian Kota Magelang.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang Wulandari Wahyuningsih menjelaskan, penyaluran bantuan ini berdasarkan surat Mentri Sosial No. S-147/3-3/BS.01/7/2021 tgl 15 Juli 2021, perihal penanganan bencana melalui cadangan beras pemerintah.

Bansos kali ini berupa beras yang bekerjasama dengan Bulog area Kedu. Sasarannya adalah warga yang masuk Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 3.386 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan progam Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 7.738 KPM.

“Kita lounching perdana bantuan beras dari Kemensos untuk masyarakat di daerah yang PPKM darurat. Untuk Kota Magelang ada 3.386 KPM yang PKH dan 7.738 yang BST, masing-masing KPM mendapatkan 10 kilogram. Jadi total beras yang disalurkan 111.240 kilogram,” katanya.

Wulan menjelaskan, untuk distribusi dilakukan oleh Bulog langsung ke penerima by name address, dengan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 dan tidak menimbulkan kerumuman.

Menurutnya, Pemkot Magelang bersama Forpimda dan bersinergi dengan pengusaha di Kota Magelang selalu berupaya untuk melayani masyarakat di tengah pandemi Covi-19. Bentuk bantuan diantaranya berupa uang tunai Rp 600.000 per KPM, bantuan sosial non tunai senilai Rp 200.000 per KPM dan lainnya.

Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz menegaskan jika bantuan ini merupakan wujud kehadiran pemerintah untuk membantu masyarakat saat PPKM ini. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat akibat tekanan ekonomi.

“Ini bukti, kita sudah bergerak, melihat efek dari PPKM sangat menekan masyarakat. Dengan bantuan dari pusat sudah sedikit membantu meringankan mereka dan harapan kita ada kekompakan, sehingga ada rasa saling asah asih asuh, orang bisa saling memberi,” tutur Dokter Aziz.

Aziz memastikan, selain bantuan dari pusat, Pemkot Magelang juga akan menyalurkan bantuan yang diambil dari APBD senilai sekitar Rp 1 Miliar.

“Bantuan yang berasal APBD adalah untuk warga yang belum dapat bantuan dari pusat, jadi tidak boleh duplikasi,” tandasnya (coi/aha)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)