66 Kontingen Peserta Meriahkan Magelang Ethno Carnival 2024

PUKAU WARGA : Penampilan peserta Magelang Ethno Carnival 2024 memukau ribuan warga yang memenuhi Alun-alun Kota Magelang (Lukluk Shafwatu/wartamagelang.com)

PUKAU WARGA : Penampilan peserta Magelang Ethno Carnival 2024 memukau ribuan warga yang memenuhi Alun-alun Kota Magelang. (Lukluk Shafwatu/wartamagelang.com)

KOTA MAGELANG (wartamagelang.com) – Sebanyak 66 kontingen peserta Magelang Ethno Carnival 2024, memukau ribuan warga yang memadati Alun-alun Kota Magelang. Even parade budaya yang dipadukan kirab serta karnaval ini, bertemakan Bangkitkan Pesona Nusantara Wujudkan Magelang Maju, Sehat, dan Bahagia.

66 kontingen peserta terdiri dari tiga kategori, yakni umum, organisasi perangkat daerah (OPD) atau sekolah, dan juga parade drumband. Magelang Ethno Carnival dimulai sejak pukul 09.00 WIB dengan diawali pengibaran bendera Merah Putih sepanjang 655 meter. Bendera tersebut dikirab oleh 230 pelajar dari SMP dan SMA di Kota Magelang.

Para peserta melakukan parade dari Jalan A Yani atau perempatan simpang CPM, kemudian lurus menuju alun-alun. Di depan panggung kehormatan, mereka tampil selama tiga menit. Kemudian berjalan menuju Jalan Pemuda dan berakhir di Simpang Rejowinangun.

Kepala Bidang Pariwisata, Disporapar Kota Magelang Laila Wulandari menjelaskan, kegiatan itu menjadi akhir dari serangkaian perayaan HUT ke-79 RI tingkat Kota Magelang. Menurut Laila, sebanyak 66 kontingen ikut meramaikan Magelang Ethno Carnival.

“Dari kontingen kategori umum ada 29. Lalu, kategori OPD atau sekolah sebanyak 25 kontingen, dan drumband 12 kontingen. Selain dari 17 kelurahan di Kota Magelang, para pesertanya mayoritas dari luar daerah seperti Kabupaten Magelang, Semarang, Salatiga, dan Jogja,” tandasnya

Laila mengatakan, para peserta wajib menampilkan atraksi dengan waktu 3 menit. Menurut Laila, ada juri yang akan memberikan penilaian.
Laila mengaku, dirinya berharap, Magelang Ethno Carnival tetap akan terus digelar setiap tahun. Terlebih, kata Laila, warga sangat antusias dan menantikan karnaval ini.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Magelang, Agus Satiyo Hariyadi, menyampaikan, bahwa membentangkan bendera merah putih yang sangat panjang merupakan bentuk manifestasi kebanggaan terhadap sebuah Negara. Selain itu, kata Agus, menjadi sebuah kebangsaan yang menunjukkan dedikasi pemikiran rakyat terhadap identitas negara mereka.

“Menampilkan bendera dengan ukuran yang besar juga dapat menguatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga Negara,” paparnya.

Sementara, Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz, dalam sambutannya, menuturkan, Magelang Ethno Carnival menjadi kegiatan yang dikhususkan untuk warga sekitar.

“Acara ini dari warga, untuk warga, dan oleh warga. Sehingga rasa bahagianya akan semakin meningkat,” paparnya, (mg1/mg4/mg5/mg8/aha)

Penulis :

Anisa Eka Putri

Lukluk Shafwatu Niswa

Assifa Zanuba Qatrunnada

Nurul Hidayah

Editor : Agus Hadianto

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)