Deklarasi Asosiasi Pendamping Masyarakat dan Desa Nusantara (APMDN) Kabupaten Magelang di Balkondes Karangrejo Borobudur

Foto: Dok

Peringatan Hari Bakti Pendamping Desa dalam Rapat Koordinasi dan Pengukuhan Pengurus DPC APMDN Kab Magelang di Balkondes Karangrejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang pada hari Rabu, 12 Oktober 2022. Foto: Dok APMDN KAb Magelang

Magelang (wartamagelang.com) – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Keputusan Menteri Nomor 110/2022 tentang hari Desa menetapkan setiap tanggal 7 Oktober ditetapkan sebagai Hari Bakti Pendamping Desa.

Hari Bakti Pendamping Desa tahun ini merupakan peringatan yang pertama digelar dan diperingati oleh Tenaga Pendamping Profesional (TPP) seluruh Indonesia dengan tema “Pendamping Desa Berkualitas, Kemiskinan Ekstrem Entas”.

Pendamping Desa Kabupaten Magelang sebagai bagian dari keluarga besar TPP mengadakan Peringatan Hari Bakti Pendamping Desa dalam Rapat Koordinasi dan Pengukuhan Pengurus DPC APMDN Kab Magelang di Balkondes Karangrejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang pada hari Rabu, 12 Oktober 2022.

Acara dihadiri oleh Sekretaris DPW APMDN Propinsi Jawa Tengah Insan Mahmud, SE, M.Si dan Ketua Divisi Sosial dan Informasi Publik DPW APMDN Propinsi Jateng H. Al Amin Ulinnuha, S.Sy, serta Dinas terkait yaitu Kepala Dispermasdes Kab Magelang, Kepala Satpol PP & Damkar juga Kepala Kesbangpol Kab. Magelang.

Turut hadir juga Tenaga Ahli Provinsi Jawa Tengah, Tenaga Ahli Kabupaten dan seluruh PD dan PLD Kabupaten Magelang.

Dalam sambutannya, Korkab Magelang Ahmad Abdul Basit, SH menekankan bahwa sesuai amanat Undang-undang, seluruh TPP wajib mempunyai sertifikat kompetensi keahlian sebagai pendamping profesional.

Insan Mahmud, SE, M.Si TA Provinsi dalam sambutannya menyatakan bahwa seluruh pendamping mulai mempersiapkan diri menghadapi sertifikasi. untuk tahap pertama akan dilakukan uji sertifikasi PLD.

“Untuk tahun ini akan dilaksanakan sertifikasi kompetensi untuk PLD. untuk itu, yang sudah siap, silahkan mendaftarkan diri,” ujarnya.

Tenaga Pendamping Profesional Kabupaten Magelang yang diharapkan mengikuti Sertifikasi berjumlah 138 Orang terdiri dari 6 TA Kabupaten Magelang, 49 Orang Pendamping Desa yang bertugas ditingkat Kecamatan dan 83 Orang Pendamping Lokal Desa yang bertugas mendampingi 3 sampai 4 Desa untuk setiap PLD.

Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan pelantikan dan deklarasi berdirinya DPC APMDN Kab. Magelang serta penyerahan SK Kepengurusan dari DPP APMDN Masa Bhakti 2022 – 2027.

Tujuan asosiasi ini menampung dan memfasilitasi TPP yang akan melaksanakan sertifikasi. mulai coaching clinic, pendampingan penyusunan portofolio dan mendaftarkan sertifikasi.

Pelantikan dan naskah Deklarasi dibacakan oleh Sekretaris DPW APMDN Provinsi yang diikuti oleh seluruh pengurus DPC APMDN Kab. Magelang. Terpilih sebagai Ketua, M Yulianto, SE, M.Ec.Dev daan Sekretaris M. Abdul Haris, S.Hum.

Usai dilantik, agenda DPC APMDN Kab. Magelang adalah menyusun program kerja jangka pendek, menengah dan panjang. Untuk jangka pendek adalah memfasilitasi bimtek, pelatihan dan penyusunan portofolio guna sertifikasi untuk TPP Kab. Magelang. (wq)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)