Aplikasi “Genduk Manis’ Layanan Online dari Disdukcapil Kabupaten Magelang

Kantor Disdukcapil Kabupaten Magelang saat disemprot disinfektan, dan saat ini sudah buka kembali dengan mengutamakan pelayanan online

Kantor Disdukcapil Kabupaten Magelang saat disemprot disinfektan, dan saat ini sudah buka kembali dengan mengutamakan pelayanan online. Foto: Dok Prokompim/KabMagelang

Magelang (wartamagelang.com) – Disdukcapil Kabupaten Magelang, memberikan aplikasi untuk pelayanan online yang bernama “Genduk Manis” yang artinya Gawe Adminduk Mayar Lan Gratis (Mengurus administrasi kependudukan mudah dan gratis). Aplikasi online ini berguna untuk mengurangi kerumunan.

“Aplikasi tersebut bisa didownload di playstore, dan pada hari ini kami melayani 921 surat kependudukan melalui aplikasi tersebut,” ungkap Kepala Disdukcapil Kabupaten Magelang, Edy Susanto, Jumat (18/6/2021).

Disdukcapil Kabupaten Magelang saat ini melayani hanya melalui online, kecuali untuk perekaman e-KTP. Hal ini dalam rangka mencegah penularan Covid-19 yang semakin tinggi.

“Di samping itu juga layanan melalui online ini akan memudahkan masyarakat yang harus dilayani,” ucap  Edy.

Edy menerangkan, untuk perekaman e-KTP pemohon harus hadir dan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Untuk kasus tertentu yang perlu konfirmasi maka setelah mendaftar secara online maka akan diberi waktu untuk datang ke kantor.

“Di lapangan ternyata ada masyarakat yang masih minta legalisir makan kita layani juga dengan offline atau hadir ke kantor,” terang Edy.

Kantor Disdukcapil Kabupaten Magelang kemarin sempat tutup pada tanggal 14 hingga 16 Juni, karena pencegahan penularan Covid-19.

“Pada 17 Juni pelayanan sudah buka, namun diimbangi dengan pelayanan online, agar tidak terjadi kerumunan di Kantor Disdukcapil,” pungkas Edy. (wq)

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (1)
  • comment-avatar
    whelly sukis moro km 5 bulan

    Sangat mendukung demi public service yang diharapkan oleh penduduk Indonesia, syabas!